Perkembangan
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Dulu
sebelum komputer belum begitu dikenal di Indonesia, Guru atau Dosen dalam
menyampaikan materinya masih menggunakan tulisan atau lisan kepada siswa atau
muridnya, apalagi kalo kita melihat kembali kebelakang sekitar 10 yang lalu,
saya juga masih mengalami dan menikmati penyampaian guru dalam memberikan
materinya dengan kapur tulis dan kata-kata lisan.
Perkembangan
teknoloagi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara
seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan
sebagainnya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk
mengembangkan teknik pembelajaran sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.
Demikian
juga bagi pelajar, dengan multi media diharapkan mereka akan lebih mudah
untuk menentukan dengan apa dan bagaiamana siswa untuk dapat menyerap
informasi secara cepat dan efisien. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada
teks dari buku semata mata tetapi lebih luas dari itu. Kemampuan teknologi
multimedia yang telah terhubung internet akan semakin menambah kemudahan dalam
mendapatkan informasi yang diharapkan.
Pada
dasarnya penggunaan komputer atau yang disebut sebagai teknologi
informasi dalam menyampaikan bahan pengajaran memungkinkan untuk
melibatkan pelajar secara aktif serta dapat memperoleh umpan balik secara
cepat dan akurat. Komputer menjadi popular sebagai media pengajaran karena
komputer memilki keistimewaan yang tidak dimilki oleh media pengajaran
lain sebelum adanya komputer (Munir,2005). Diantara keistimewaan komputer
sebagai media, yaitu :
Hubungan interaktif :
komputer menyebabkan terwujudnya hubungan antarastimulus dan resfons, menumbuhkan
inspirasi dan meningkatkan minat.
Pengulangan :
komputer memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengulang materi atau bahan
pelajaran yang diperlukan, memperkuat proses pembelajaran dan memperbaiki
inagtan, memiliki kebebasan dalam memilih materi atau bahan pelajaran.
Umpan balik dan
peneguhan : media komputer membantu pelajar memperoleh umpan balik (feedback)
terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi pelajar dengan
peneguhan positif yang diberi apabila pelajar memberikan jawaban.
Simulasi dan uji coba :
media komputer dapat mensimulasikan atau menguji coba penyajian bahan pelajaran
yang rumit dan teliti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar